Home » » 125 majikan TKI di Hong Kong masuk daftar hitam Indonesia

125 majikan TKI di Hong Kong masuk daftar hitam Indonesia

Written By Unknown on Selasa, 13 Agustus 2013 | 01.02

GEBUK PHK, Hongkong - Kasus kekerasan yang dialami Buruh Migran Indonesia (BMI) di luar negeri, seakan tiada berakhir. Sebagai langkah pemberantasan, pemerintah menetapkan 125 majikan di Hong Kong, masuk dalam daftar hitam (black list) dan tidak dapat lagi merekrut BMI.


Konsul Jenderal RI (KJRI) di Hong Kong Teguh Wardoyo mengatakan selain majikan, pemerintah juga memberikan sanksi penghentian layanan kepada delapan agen penempatan. Karena mereka terbukti tidak dapat memberikan perlakuan yang baik kepada para BMI.

"Langkah itu perlu dilakukan agar tidak ada lagi agen atau majikan yang memperlakukan TKI (BMI - red) dengan sewenang-wenang," Teguh kepada Antara, Sabtu (15/12).

Sebelum memberikan sanksi, KJRI melakukan pemanggilan kepada agensi atau bersurat ke Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). Jika terbukti bersalah dan merugikan pihak lain, akan dijatuhkan sanksi.

"Sanksi dilakukan sesuai hasil tim evaluasi agen atau majikan, apakah cukup dengan pemanggilan dengan memberikan teguran, peringatan, surat pembekuan sementara pengajuan kontrak kerja baru, "job order" baru hingga pencabutan lisensi," tuturnya.

Data KJRI di Hongkong mencatat, hingga November 2012 jumlah kasus yang melibatkan BMI di Hongkong tercatat 1.571 kasus.

"Dari jumlah itu sekitar 0,20 persen masih dalam proses penyelesaian," ungkapnya.

Sandra mengemukakan permasalahan umum BMI di Hong Kong adalah penahanan dokumen, pemutusan hubungan kerja/Kontrak Kerja, tidak mendapatkan hak setelah pemutusan hubungan kerja, gaji di bawah standar, tidak mendapat libur, pemotongan gaji berlebihan, melampaui ijin tinggal, agen tidak terdaftar, dan tindak kekerasan oleh majikan.

"Selain itu ada pula sakit, meninggal dunia, bunuh diri, kasus pidana, perdata, dan dipekerjakan tidak sesuai kontrak," katanya menambahkan.(sumber)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Ramches Merdeka | SBMI | Mas Template
Copyright © 2011. GEBUK PHK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger