Home » » 6.500 Karyawan Reebok Terancam Menganggur

6.500 Karyawan Reebok Terancam Menganggur

Written By Unknown on Senin, 12 Agustus 2013 | 21.00

GEBUK PHK, Jakarta - Sebanyak 6.500 karyawan PT Dong Joe Indonesia yang berlokasi di Jalan Raya Rajeg, Pasar Kemis, Tangerang, terancam diberhentikan secara massal. Bos pemilik pabrik pembuat sepatu merek Reebok itu kabur, meninggalkan perusahaan dan karyawannya ke Korea. 

"Saat ini, semua karyawan dalam status dirumahkan dan kegiatan produksi dihentikan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang Hasdanil, kemarin. 

Pemilik perusahaan, Mr Cheon dan Mr Kim Ck, keduanya berasal dari Korea, pergi meninggalkan perusahaan begitu saja. "Belum bisa dipastikan mereka kembali ke Indonesia apa tidak," kata Hasdanil. 

Menurut Hasdanil, dampak goyahnya perusahaan sepatu terbesar di Tangerang itu akan merembet ke mana-mana. Buruh yang akan dipecat bukan saja dari PT Dong Joe, tapi juga buruh anak perusahaan itu seperti PT Spotec, PT Hankook Keramik. "Yang dikhawatirkan adalah efek domino," ujarnya. 

Kepala Seksi Pengawasan Norma Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang M. Marbun mengatakan ada indikasi bos perusahaan tersebut sengaja lepas tanggung jawab. "Menurut penjelasan para manajer, sebelumnya tak ada tanda-tanda perusahaan akan bangkrut. Tiba-tiba bosnya pergi," katanya. 

Sementara itu, para karyawan PT Dong Joe mengaku hanya menerima gaji hingga Oktober ini. “Selanjutnya, entah seperti apa. Mana status kami pun belum jelas," kata Aan, 22 tahun, seorang buruh. (tempo)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Ramches Merdeka | SBMI | Mas Template
Copyright © 2011. GEBUK PHK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger